Selasa, 24 Januari 2012

Cara Menguatkan sekaligus Memperindah Kuku

     1.Buah Berry Asam
Kuku yang indah tentu tidak hanya kuat, tapi juga jernih. Untuk mendapatkannya dibutuhkan vitamin C yang bermanfaat membuat kuku lebih cantik. Vitamin C ini didapat dari buah-buah berry yang berasa asam, seperti black currant, cranberry dan sebagainya.
Cara : Ambil buah berry masam, lantas gosok-gosokkan ke kuku dan kulit sekitarnya. Lakukan pada semua kuku dan biarkan selama 15 menit. Bersihkan. Lakukan dua kali seminggu agar hasilnya effektif.
    2. Minyak Zaitun dan Lemon
Kuku yang rapuh umumnya terlihat kusam. Warnanya tidak jernih dan jika ditekan terasa akan patah. Untuk menguatkannya bisa menggunakan minyak zaitun yang mengandung vitamin E. vitamin E ini sangat baik untuk menguatkan kuku. Minyak zaitun yang dicampur perasan lemon, tidak hanya menguatkan namun juga mencemerlangkan kuku. Sebab, lemon kaya vitamin C yang bermanfaat untuk membuat kuku tampak lebih putih.
Cara : Panaskan satu sendok makan minyak zaitun hingga hangat. Setelah itu tetesi dengan perasan lemon secukupnya, aduk merata. Oleskan ramuan ini ke kuku dan jemari tangan sambil dipihat ringan. Setelah itu bungkus dengan sarung tangan katun. Lakukan menjelang tidur, dua kali seminggu sampai kuku tampak kuat dan indah.
    3. Madu dan Telur
Sebagai bagian tubuh yang sering digunakan untuk memegang benda-benda, kuku memang mudah rapuh. Apalagi kuku juga sering bersentuhan dengan sabun yang terkadang membuat kuku rusak. Karenanya kuku harus mendapatkan perawatan ekstra agar lebih kuat dan tetap sehat. Ramuan yang terdiri dari campuran minyak zaitun, telur dan madu memberikan perlindungan lebih untuk kuku. Telur mengandung protein yang menutrisi kuku agar lebih kuat, sementara madu kaya akan emmolien yang bermanfaat melembabkan sekaligus melembutkan kuku. Dipadu dengan minyak zaitun tentu membuat ramuan ini semakin manjur untuk menguatkan kuku.
Cara : Masukkan madu dan minyak zaitun, masing-masing dua sendok makan ke dalam panci kecil. Panaskan hingga dua bahan itu tercampur rata. Setelah tercampur, angkat dan dinginkan. Tambahkan satu butir telur yang sudah dikocok terlebih dulu, aduk hingga ketiganya benar-benar tercampur rata. Rendam jemari tangan ke dalam campuran ini selama 10 hingga 15 menit. Angkat dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan seminggu sekali secara rutin.
     4. Lemon dan air Mawar
Lemon memang buah yang istimewa. Selain bisa digunakan untuk mebuat minuman segar, lemin ini juga bisa menormalkan warna kulit. Kuku kusam ini sendiri diesebabkan kurangnya asupan vitamin.
Cara : Campurkan satu sendok makan perasan lemon dan air mawar sebanyak tiga sendok makan. Aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada kuku atau bisa juga kuku direndam dalam campuran tersebut. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Lakukan seminggu dua kali agar kuku semakin kuat.
     5.Jeruk Nipis dan Bawang Putih
Jeruk nipis selama selama ini sering dipakai untuk menguatkan kuku. Namun, seringkali bawang putih meninggalkan aroma yang tidak sedap ketika diulaskan pada kuku. Karenanya banyak yang menghindari bahan ini. Agar lebih efektif makan kedua bahan itu dicampur agar manfaatnya lebih banyak. Selain itu juga meninggalkan aroma segar.
Cara : Ambil dua butir bawang putih ukuran sedang, kupas. Gosok-gosokan bawang putih itu pada kuku, biarkan beberapa saat. Setelah itu gosokkan jeruk nipis ke permukaan kuku. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin. Lakukan sesering anda sempat sampai kuku yang semula rapuh menjadi kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar